Wednesday, July 1, 2015

Penampakan Hantu -





 Ketika masih kuliah di fakultas ekonomi di Jakarta, saya indekost disebuah rumah yg
cukup besar di daerah Grogol. Saya masih ingat kosn berlantai 2 yg letaknya di pertigaan
Tawakal Raya itu.
Cat pintunya berwarna coklat gelap dan masih dilapisi lagi oleh pintu
besi. Akses pintunya ada 2, yaitu di dekat garasi yg merupakan pintu utama rumah dan
disamping rumah yg brhadapan dgn jalan, utk akses khusus para mahasiswa yg ngkost.
Pemiliknya seorang janda chinese berusia skitar 40 taunan dan memiliki 2 anak (cewek
masih kuliah dan laki2 msih brsekolah SMP).
Kosn itu berisi campuran mahasiswa dan mahasiswi dan hanya di isi 8 mahasiswa/i
saja, dimana lantai bawah terdiri dari 5 kamar dihuni oleh cewek semua dan di lantai atas ada
4 kamar saja dan dihuni cowok semua namun hanya ditempati 3 orang saja, Jo, Ito, saya dan 1 masih kosong).
Sebenarnya rumah kosn nya tidak terlihat begitu horor atau terkesan angker apalagi
letaknya masih di daerah yg cukup ramai, walau begitu ceritanya akan berbeda ketika
hari berganti malam (tepatnya disaat tengah malam), terutama di lantai 2 dekat tangga yg
letaknya dipojok rumah disamping kamar mandi, biasanya dijadikan tempat utk
menjemur pakaian. Ketika menaiki tangga, kita akan berhadapan dgn cermin besar yg
dipasang ditembok lalu kita brbalik utk menaiki anak tangga brikutnya.
Selama seminggu saya tinggal, memang belum ada kejadian aneh. Sampe akhirnya saya ingat
di hari itu kosn kebetulan sedang sepi2nya, karna bbrpa kawan kos ada yg pulang ke
Cilegon dan Depok utk berakhir pekan dan sebagian lgi ada yg jln2 ke Bandung.
Sebenarnya Jo & Ito mengajak saya jalan2 ke Bandung, hanya saja karna saya lagi malas
dan mau mengerjakan tugas kuliah yg mnumpuk utk dikumpul di hari Senin, akhirnya
saya urung ikut. Sekitar jam 01.00an dini hari,saya ingin keluar utk mmbeli cemilan, kbetulan
lagi begadang tidak bisa tdur.
Disaat saya pulang, entah kenapa perasaan saya seperti
tdk enak, apalagi setelah melewati pintu samping kosn. Saat itu lampu dapur (dekat
pintu) memang sedang dimatikan. Jadi agak gelap untuk menuju arah tangga utk ke lantai 2.
Hanya ada lampu yg menyala dekat tangga saja yg menyala, itupun juga remang-remang.
Baru bbrpa langkah saya menaiki anak tangga, bulu kuduk sperti mulai berdiri, tapi saya masih
saja berlaga pura2 cuek, dan.......ketika saya tdk sengaja melihat ke arah cermin besar
ditembok tangga. DEENGH!!...... Serasa jantung hmpir copot, karna saya melihat
kuntilanak sedang brdiri dan ada juga yg sedang duduk2 di atas jemuran.
Wajahnya seperti pucat namun msih tertutupi rambut panjangnya yang acak2an (Saya melihatnya
sekilas, itupun bercampur kaget & merinding stengah mati). Jujur, saya shok dan takut
seketika itu juga, hanya saja saya masih bersikap sok cuek & sok memberanikan diri.
Saking tegang bercampur kaget tadi, saya menaiki anak tangga agak trburu2 sambil
berlaga tetap tenang menuju pintu kamar.
Gara2 hal tadi, cemilan yg saya beli malah tdk sempat saya makan dan buru2 utk tidur tanpa
mematikan lampu kamar.
Ketika saya ceritakan pengalaman malam itu ke kawan2 kosn. Mereka malah ketawa dan
menganggap saya becanda, karna mereka sudah setahun lebih dulu tinggal dikosn itu dan
belum pernh mengalami hal yg aneh2. "Ah ngemeng aja lu bro, bilang aja lu bawa cewe
kemari wkwkwk". Kata Ito. Saya bilang ke Ito,
"Ya buset deh, srius. mrinding gw klo nginget lagi. Kalo cakep mah gak pa.
Cma tetep aja setan. Coba aja lu sendiri yg ketemu".
"Y nnti klo ktmu lgi, titip salam sklian, wkwk", jawab Jo.
"Ah buset deh ni orang, uda dikasi tau serius masi aja dikira bcanda". Apa gara2
kebanyakan becanda kali ya, akhirnya malah gak dianggap tu pengalaman horor beneran.
Bbrpa minggu kemudian, kejadiannya skitarjam 2an dini hari, saya terbangun karna ada
suara cekikikan dari arah dekat tangga (kebetulan kamar saya memang lumayan
dekat dengan tangga tadi.
Dan lebih kebetulan.......Kosn yg lagi sepi, pasti akan
muncul lagi hal aneh. Memang biasanya kosn lalu rame hingga jam 11 atau 12an malah
sampe jam 3 kalo kawan2 masih ada yg begadang maen kartu.
Mungkin mahluk gaibnya lebih suka nunggu pas bukan di jam2 sibuk kali.
Awalnya saya enggan membuka tirai
jendela kamar saya, tapi karna sudah penasaran, saya pelan2 membukanya. Karna
lampu kamar saya juga sedang dimatikan, saya hanya melihat ke arah luar dgn
mengandalkan sinar lampu didekat tangga.
Tapi tidak nampak siapa yg cekikikan. Awalnya saya mengira mgkin itu kawan2 lgi bermain
kartu, tapi ketika saya membuka pintu kamar, memang tdk ada orang dan semua sudah
trtidur pulas dikamarnya masing2!
Tiba2 saja saya merasa merinding dan buru2 balik lgi masuk kamar.
Setelah itu sayapun tertidur, tapi antara sadar dan mungkin sedang bermimpi
atau mungkin juga berhalusinasi, saya malah melihat jelas tau2 didalam kamar 3 kuntilanak
itu sudah masuk dan berdiri menghadap kasur dimana saya tidur.
Astaga! Ya Allah! Dalam keadaan lampu kamar yg gelap, saya ingat ketiga kuntilanak ini menatap tajam dengan
mata agak melotot sambil tersenyum (jujur jika masih mengingatnya sampai sekarang saya
merinding bukan main). Seketika tubuh saya sperti tidak bisa bergerak, tdk bisa berteriak,
dan menjadi dingin.
Salah satu kunti malah makin mendekat sambil mengulur tangannya tanpa berkata apapun,
seolah ingin mengusap kepala saya. Saya cuma bisa menganga,
sambil menatap kunti itu seperti mengucap sesuatu tapi tidak jelas apa yg mau
diucapkannya. Kmudian mereka pun semakin mendekat (anehnya saya tidak mencium bau
apa2 seperti bau menyan, bau wangi atau smacamnya yg slalu orang2 ceritakan).
Kunti itu seperti berbisik2 tapi tetap saya tidak paham apa kata2nya, saya makin lemas
sampai akhirnya tidak ingat apa-apa lagi dan terbangun di pagi harinya. Saya sempat
demam selama 2-3 hari setelahnya. Saya tidak pernah menceritakan hal ini ke Ito dan Jo.
Kira2 bbrpa bulan kemudian, mahasiswi bernama Sel (maaf saya pakai nama samaran)
masuk jadi penghuni baru kosn. Karna semua kamar di lantai bawah penuh, akhirnya dia
tinggal di kamar lantai atas yang masih tersisa 1. Waktu awal kenalan, Sel tidak pernah
bercerita kalau ternyata dia memiliki indra keenam atau smacamnya.
Dan suatu hari ketika saya mengobrol dengannya, dia baru mengaku kalo dia memang bisa melihat hal
ghaib dan juga melihat kuntilanak di dekat tangga, hanya saja dia selalu tidak berani
menatap langsung karna khawatir kunti-kunti nya akan tertarik mendekati dia.
Walau Sel memiliki 'kelebihan' tapi masih punya sifat penakut. Sel malah bercerita lagi kalo ada
mahluk lain semacam sejenis jin monyet kecil brmuka mnyeramkan. Yg suka bermain dikosn
ini.
Ito dan Jo yg awalnya tdk percaya, akhirnya baru yakin dengan cerita saya soal
kuntilanak di tangga, setelah Sel memberitahu mereka berdua. Gara2 itu Ito dan Jo jadi
ketakutan juga. Satu hal yg bikin saya bingung dan anehnya para penghuni cewek dilantai
bawah malah tidak pernah mengalami hal-hal gaib seperti halnya di lantai 2.
Waktu itu hari masih maghrib sekitar pukul 18.30an, saya baru pulang kuliah dan duduk2
di sofa lantai yg ada didekat kamar Ito, ketika Ito keluar kamar, tiba2 Sel yg baru selesai
Sholat keluar kamar dan mendekati Ito sambil berbisik pelan2.
"To, kamu skrg kalo bisa buruan mandi ya. Trus kamu baca2 surat... (sorry saya lupa)",
Sel memberi instruksi, Ito harus membasuh kanan bahunya sambil
membaca2 surat tadi dan kemudian membilas bahu kirinya juga kembali membaca surat tadi.
Lalu membilas kepala dan sekujur tubuhnya. Setelah beres, Ito disuru duduk di sofa dan Sel
melakukan bacaan 'pembersihan' dengan mendekatkan kedua tangannya disekujur
pundak Ito. Saya dan Jos cuma melongo aja.
Sel: "udah to, skrg dah ga pa2"
Ito: "tadi knpa sel, jgn bikin gw takut ni! Sriusan"
Sel: "tadi to, dibadan kamu ditempelin si monyet kecil yg mukanya serem. Kaya
sebangsa jin monyet. Dia megangin kamu terus kaya dianggap lo induknya. Kamu tadi ngrasa
badan jdi pegel n berat gitu gak?"
Ito: "LAH??? Iya!! Jadi benern gara2 itu
ya??!" (Ito jdi rada ketakutan juga)
Sel: "makanya tadi aku suru kmu mandi n
baca2 biar monyetnya lepas, soalna kalo gak, lo nanti bisa dianggap induknya terus. Mau
kamu ditempelin trus?"
Ito: "WAH!! Ogah dah. Sel btw makasi ya, udah
nolongin gw tadi. Takut juga gw jadinya"
Sel: "ya ga pa to. Lo sering baca2 aja. Mdh2an gak knapa2"
Selang 2-3 bulan kemudian saya pindah kosn
karna diajak oleh kawan 1 fakultas ditempat kosn dia yg lebih bagus dan masih baru,
namun kadang saya jika pulang kuliah masih menyempatkan diri main ke kosn itu sekedar
bertemu Ito dan Jo.
Baru aja saya duduk dan ngobrol dengan Jo, dan 2 kawan kuliahnya, Sel
tau2 keluar kamar dan berwajah agak lusuh dan ketakutan berlari ke arah Sofa tempat kami
mengobrol. Kami yg bingung lalu bertanya ke Sel, Sel lalu duduk dan berkata kalo dia
sekarang diliatin terus oleh 3 kuntilanak yg ada di ujung kamar mandi dekat tangga itu.
Katanya, Si kuntilanak mau ngajak ngobrol, tapi Sel tidak mau dan terus menutup
matanya. Waktu itu pacar Sel, Anto (nama samaran) juga lagi berkunjung ke kosn Sel.
Sel sebenarnya mau ke kamar mandi, cuma ketakutan setengah mati karna diamati terus
oleh ketiga kuntilanak tadi. Bahkan kuntilanak itu sudah berdiri berjejer dan berjalan mendekat
ke arah Sofa tempat kami duduk (begitu gambaran dari penglihatan Sel yg diceritakan
ke kami saat itu juga).
Sel lalu berdiri dan mulai lunglai, Anto pacar Sel buru2 memegani
tanganya dan mau mengantarkannya kembali ke dalam kamar. Belum sempat Sel masuk,
tiba2 Sel jatuh pingsan ! Kami yg kaget buru2 memapah Sel. Bukannya kami bawa ke dalam
kamarnya, kami malah gotong dia masuk ke kamar Ito di paling ujung yg brdekatan dgn
sofa tmpt kami duduk. Ketika baru ditidurkan tiba2..
"HIHIHIHIHIHIHI!!!!! HIHIHIHIHIHIHI!!!!"
Sel tertawa layaknya kuntilanak. Nyaring dan terus menerus tanpa henti. Kami berempat
langsung diam dan lum sempat baca2, Sel lalu berkata "Hihihi jgn takut yaa, ini sayaa, cuma
mau deket ama Sel." Lalu tiba2 malah menangis dan ktawa lagi...lalu saya beranikan
utk bertanya "maaf kamu sapa? Jangan ganggu kawan saya la tolong. Kasian dia."
Mahluk itu menjawab "aku cuma mau kenalan, hihihi, udah jgn tanya lagi, hihihi". Belum
sempat saya bertanya lgi, dan sambil membaca ayat kursi, tiba2 saja Sel tersadar
dan terdiam sebentar.
Anto lalu memberinya minum. Sel lalu membaca ayat2 Qur'an setelah
itu minum lagi. Sel lalu cerita, "maaf y tadi bikin takut, jadi Papa ku pernah telpon, dia
menerawang dari Cirebon, papa bilang itu ada 3 kuntilanak mau bicara ama kamu, gak apa
cuma mau kenalan katanya. Kalo bisa ngobrol di saat sedang sepi, di tengah mlm atau dini
hari. Cuma aku gak berani, tapi itu kuntilanaknya kaya maksa penasaran ama ku".
"Lah? Trus itu kunti ny nyamperin lo mlulu Sel??" Tanya saya. "Ya, jadi pas aq di ajak ke
kamar ama si anto, itu kunti-kunti nya mulai nyamperin aku, tau2 lngsung sleep! Msuk gitu
aja ke tubuh.
Mgkin mreka udah gak sabar karna aku nya tetep gak mau berdialog ama
mereka". (Semua jadi terdiam. Bingung mau nanya apa lagi). Akhirnya Anto, mengajak Sel
ke kamarnya untuk istirahat. Setelah ditemani sampai tidur, Anto lalu pamit pulang, akhirnya
saya pun ikut balik ke kosn saya yang baru.
Beberapa bulan kemudian Ito dan Jo juga pindah kosn. Pindahnya tidak begitu jauh,
hanya disebrang kosn lama, jadi otomatis kosn itu di isi mahasiswa cewek semua.
Setelah kejadian itu, saya tidak lagi mendengar kabar soal hal-hal ghaib lagi dari Sel ataupun
cewek2 yg tinggal di kosn itu, bahkan hingga lulus kuliah. Hehe mungkin mahluk ghaibnya
'ngusir' cowok-cowok nya scara halus kali.
Biar yg kos disitu cewek semua. Hahaha. Itu saja. Terimakasih semua yg telah membaca
pengalaman lama saya dimasa kuliah dulu.

No comments:

Post a Comment